Swan Song

Berawal dari rasa penasaran saya tentang mengapa judul episode terakhir Supernatural di musim kelimanya berjudul Swan Song, saya jadi menemukan banyak hal yang tak terduga. Selain sebagai idiom yang berarti pertunjukan terakhir atau penyelesaian, ada juga kepercayaan kuno yang mengatakan bahwa seekor angsa akan bernyanyi sebelum dia mati. Boleh percaya boleh tidak, saya sih memilih untuk percaya bahwa Kripke memilih judul ini karena awalnya musim kelima dimaksudkan sebagai musim terakhir serial TV ini.

Tidak berhenti sampai di situ, lewat idiom ini saya jadi ‘berkenalan’ dengan Within Temptation yang merupakan band gotik asal negeri kincir angin, Belanda. Swan Song merupakan salah satu lagu dalam album The Silent Force Europe (digipack special edition), 2004. Sebenarnya, lagu ini tidak didaulat menjadi salah satu soundtrack dalam Supernatural, hanya judulnya saja yang kebetulan sama.

Tetapi setelah membaca liriknya, entah bagaimana saya seolah-olah melihat Kripke menulis naskahnya sambil mendengarkan lagu ini. Ini hanya bayangan saya saja sih, tetapi yang menarik bagi saya adalah melihat bagaimana manusia saling mempengaruhi satu sama lain. Melihat bagaimana manusia saling menginspirasi manusia lainnya bahkan tanpa mereka sadari.

Seperti saya misalnya yang saat ini menulis sambil mendengarkan Americana, salah satu kompisisi musik milik Jay Gruska. Saya menyadari bahwa Americana, atau secara tidak langsung Jay Gruska sedang mempengaruhi cara saya berpikir saat ini tetapi anehnya saya tidak merasa keberatan sama sekali. Mungkin secara naluriah, manusia memang membutuhkan rasa saling mempengaruhi itu sendiri. Mungkin dengan begitu manusia jadi merasa lebih bernilai, lebih berarti.

Membaca lirik Swan Song, saya menemukan makna tentang bagaimana akhirnya seseorang berdamai dengan perdebatannya dengan diri sendiri. Saya menemukan bagaimana seseorang berdamai dengan rasa takutnya dan menghadapi rasa takut itu dengan berani. Pada akhirnya, bukan kemenangan yang menjadi penting karena berani menghadapi rasa takut itu saja sudah merupakan kemenangan. Bagi saya adanya harapan tentang kebahagian adalah muara akhir dari semua perjalanan hidup seseorang. Dan harapan itulah yang terpenting karena kata lain dari harapan adalah doa. Dan setiap manusia pasti berdoa untuk akhir yang bahagia bukan?

Ketika Anda membaca lirik Swan Song di bawah ini, mungkin Anda akan juga merasa apa yang saya rasa.

Winter has come for me, can’t carry on
The chains to my life are strong but soon they’ll be gone
I’ll spread my wings one more time

Is it a dream?
All the ones I have loved calling out my name
The sun warms my face
All the days of my life, I see them passing by

In my heart I know I can let go
In the end I will find some peace inside
New wings are growing tonight

As I am soaring I’m one with the wing
I’m longing to see you again, it’s been so long
We will be together again

 

Leave a Reply

