Mengejar Matahari

Keep on climbing, though the ground might shake
Just keep on reaching though the limb might break
We’ve come this far, don’t you be scared now
Cause you can learn to fly on the way down
(Maddie and Tae, Fly)

Satu bulan terakhir aku membiasakan diri untuk berlari setiap pagi –tiga kali satu minggu. Berharap dengan begitu aku bisa satu langkah lebih dekat lagi denganmu.

Pagi ini aku berlari. Mengejar matahari. Aku belum akan berhenti. Lagi, langkahku kukayuh lebih jauh. Satu lagi, begitu selalu kukatakan dalam hati ketika kakiku mulai goyah. Aku tahu ini tak mudah.

Kamu bilang ini baru latihan, kehidupan nyata di luar sana masih jauh lebih kejam. Teruslah berlari. Jangan berhenti. Ketika jalan di hadapanmu mulai menjadi buram, tak kelihatan, ingat bahwa kamu hanya perlu terus bergerak.

Aku tidak sendirian. Satu bulan di belakang hingga dua bulan ke depan ada satu pasukan luar biasa bernama delapan yang siap menemaniku berlari bersamaan. Memberiku rasa aman juga rasa percaya atas nama cinta.

Aku tak mau berhenti hanya sampai di sini. Kukejar matahari lebih jauh lagi.

Sampai sejauh ini, aku mau tetap berani. Terus berlari mengejar matahari hingga tiba kala senja. Meski suatu hari nanti di bulan Juni, bukan tidak mungkin kita akan berlari sendiri-sendiri.

Kamu pernah bilang, butuh keberanian besar untuk pergi sejauh-jauhnya dalam perjalanan ini, untuk sampai sedekat-dekatnya dengan si matahari. Kamu bisa berlari, berenang atau kalau perlu merangkak hingga sampai di tujuan. Kamu membuatku percaya, kamu bisa terbang meski tanpa sayap.

Pepatah bilang, ada banyak jalan menuju Roma, yang menjadi soal kamu mau pergi atau tidak?

Dulu aku mungkin takkan percaya bahwa bagaimana pun aku takkan pernah merasa sendirian. Tetapi darimu aku belajar, akan selalu ada tangan yang bisa aku genggam ketika aku mencari pegangan. Yang perlu kulakukan hanya memberikan ruang.

Maka kamu tidak akan pernah benar-benar sendirian. Karena meski mungkin raga kita nanti tidak lagi bisa bersama, hati kita tetap satu. Dan kita masih sama-sama berlari, mengejar matahari.

Leave a Reply

