A Riveting of The Day of The Jackal

the day of the jackal

Hola.. lama tak mengulas buku ternyata menyisakan juga rasa rindu, hahaha..

The Day of the Jackal karya Frederick Forsyth ini sudah cukup lama menjadi salah satu penghuni lemari buku saya. Kali pertama melihatnya di toko buku kesayangan saya, rasanya ingin segera melarikannya ke depan kasir. Tapi sesampainya di rumah, entah bagaimana dia saya biarkan cukup lama terbungkus dalam segelnya. Tapi lalu saya menyesal, buku ini terlalu bagus untuk saya perlakukan semena-mena seperti itu, hahaha..

Saya tidak heran novel ini menjadi satu dari 100 novel kriminal terbaik sepanjang masa. Penuturan Forsyth yang lugas dan mendetail sangat memanjakan mata saya membacanya. Membaca novel ini seperti menonton film thriller semacam Mission Impossible atau Jack Reacher.

Ketika Charles Calthrop asli muncul di akhir cerita, entah kenapa tiba-tiba saya menjadi girang. Meski munculnya pertanyaan mengenai siapa sebenarnya Sang Jakal membuat kening saya berkerut, tetapi mungkin justru sensasi bertanya-tanya itulah yang saya nikmati yang pada akhirnya membuat saya tersenyum-senyum sendiri. Saya rasa, para penggemar film thriller yang juga gemar membaca akan juga menggemari novel ini.

Meski Sang Jakal ini diceritakan sebagai seorang pembunuh berdarah dingin yang membunuh demi uang, penokohannya yang kuat dan cerdas setengah membuat saya berharap misinya berhasil. (Whaattt? Did I say that?) Hahaha… Tetapi, saya juga berharap Detektif Lebel, yang entah kenapa saya membayangkannya seperti detektifnya Agatha Christie, Hercule Poirot, berhasil menangkap Sang Jakal. (Nah kalau yang ini masuk akal lah ya..)

Kejar-kejaran antara Sang Jakal dan Detektif Lebel yang dituturkan Forsyth dengan cerdas, menjadi faktor penting yang menurut saya akan membuat pembaca betah membaca cerita ini sampai akhir. Mengingat banyaknya istilah dan nama-nama yang sulit diingat bagi pembaca yang tidak familier dengan budaya potilik dan atau militer Perancis dan Aljazair seperti saya. Tetapi toh hal itu tidak membuat saya mengurungkan niat untuk membaca.

Nah, jika Anda seorang yang gemar cerita spionase, intrik internasional, dan suspense, maka novel ini benar-benar layak menjadi salah satu koleksi Anda. Novel dengan detail yang seru dan penuturan yang mengagumkan. A must read book. 🙂

Sumber Gambar: https://www.goodreads.com

Leave a Reply

